Rabu, 27 Januari 2016

Tugas SoftSkill: Desain Sistem Informasi Psikologi

Nama : Chintya Hermawanti
NPM : 11512595
Kelas : 4PA11

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


Sistem Informasi Psikologi adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian. Contoh nyata dari pengaplikasian SIP dalam kehidupan adalah pada saat penskoringan pada tes psikologi, karena beberapa tes psikolog menngunaka komputer untuk melakukan skoring, misalnya adalah tes papikostik.

A. DESAIN SISTEM INFORMASI INFORMASI
     1. Merancang Sistem untuk Mengolah Informasi dalam Psikologi
        
Menurut Chr. Jimmy L. Gaol (2008) sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal. Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Selain itu, Sistem informasi psikologi memberikan suatu inovasi dan tentunya kemudahan pada bidang psikologi dalam pengaplikasiannya. Penggunaan sistem informasi dalam psikologi dimungkinkan karena banyak hal dalam dunia psikologi yang masih bisa dikelola dengan sentuhan komputerisasi.



       2. Menggunakan Komputer Sebagai Alat Bantu Pengolahan Informasi dalam Psikologi
            
Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam psikologi adalah program SPSS, aplikasi SPSS merupakan salah satu program komputer yang dapat digunakan dalam psikologi. SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisis statistika. SPSS sebagai software statistik pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford University yang dioperasikan pada komputer mainframe. Selain itu, antara tahun 1994 sampai 1998, SPSS melakukan berbagai kebijakan strategis untuk pengembangan software statistik, dengan mangakuisisi software house terkemuka seperti SYSTAT. Inc, BMDP Statistical Software dll.
SPSS tadinya ditujukan bagi pengolahan data statistik untuk ilmu sosial (SPSS saat itu adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences), sekarang diperluas untuk melayani berbagai jenis user seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu-ilmu sains dan lainnya. Sehingga sekarang kepanjangan dari SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions. Kelemahan dari software ini adalah penggunaannya yang terlalu rumit, sehingga dibutuhkan keahlian khusus.
 Contohnya : Pada bidang psikologi saat ini SPSS sering digunakan oleh para mahasiswa yang sedang meneliti suatu permasalahan misalnya saja saat membuat skripsi dan lain-lain, dan SPSS itu sendiri sering digunakan untuk melakukan atau membantu pengolahan data misalnya saja untuk melihat kevaliditasan dan kereliabilitasan suatu data penelitian yang telah dilakukan.

Sumber :
·         Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi
·         Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo.
·         Priyanto., D. (2014). Belajar sendiri spss 22. Jakarta: Grasindo.
·         Sutedjo.B.,Oetomo., D. (2006). Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi.Yogyakarta: Penerbit Andi.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates