Minggu, 12 Oktober 2014

Tugas Softskill Psikologi Manajemen



Nama  : Chintya Hermawanti
Kelas  : 3PA11
NPM    : 11512595

1.      Unsur- unsur Psikologi

·         Unsur Kognitif (kemampuan berfikir)
Unsur kognitif dapat diuraikan kedalam tiga bentuk perilaku kognitif, yaitu daya tangkap kognitif untuk memahami tugas  (baik melalui informasi, kalimat, symbol ataupun angka), daya berfikir yang konseptual (membangun konsep berfikir yang menyeluruh dan sistematis), dan juga dari analisa berfikir (menciptakan  hasil pemikiran yang tepat untuk selesaikan masalah).

·         Unsur sikap kerja
Unsur sikap kerja bisa dilihat didalam beberapa aspek sikap kerja yaitu ketahanan terhadap tekanan (daya tahan stres), cara kerja yang cepat untuk selesaikan pekerjaan, kemampuan untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan, ketelitian dalam melakukan pekerjaan.

·         Unsur  Kepribadian
Unsur kepribadian bisa berupa daya penyesuaian diri (adaptasi), kemampuan menjalin interaksi dan hubungan yang baik, kemauan untuk bekerja sama dan juga bisa berupa kemampuan untuk memimpin.

 2. Perilaku yang dibutuhkan

Perilaku yang dibutuhkan adalah bentuk perilaku yang sudah disesuaikan dengan setiap satuan rumusan manajemen.
Perilaku untuk bisa membuat perencanaan (planning) : Maka perilaku yang dibutuhkan adalah perilaku yang bisa mengarahkan proses kognitifnya untuk menangkap arahan dan instruksi kerja, membuat konsep berfikir yang logis dan juga kognitif yang bisa dilibatkan untuk menyelesaikan masalah pekerjaan.

Dalam perilaku penggerakkan (Actuating) dapat diadakan adanya doronga atau motivasi, yaitu menggerakkan orang dengan memberikan rangsangan yang baik, dan alas an yang menimbulkan kemauan bekerja dengan baik. Adanya bimbingan, memberikan bimbingan dengan contoh tauladan. Dan pengarahan, memberikan pengarahan dengan petunjuk yang benar dan jelas.

Dalam organizing bisa diterapkan perilaku dengan cara membuat tata kerja bermanfaat, adalah segala usaha yang perlu dilakukan perusahaan untuk bisa menggerakkan sumberdaya yang ada melakukan proses kerja yang semestinya dilakukan.

Perilaku controlling misalnya dengan mengevaluasi keberhasilan dalm pencapaian tujuan dan target sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan, mengambil langkah klarifikasi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan, melakukan berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target.

3.  Sistem manajemen
·         Sistem manajemen yang saya pelajari adalah sistem manufaktur pada sebuah pabrik roti A. Disini saya mengamati secara urutan proses dan kegiatan produksi yang dapat digambarkan seperti berikut, untuk menjamin kelancaran proses produksi diperlukan tersedianya input, yakni factor produksi berupa :

-         Bahan baku
Bahan baku yang terpilih harus memenuhi syarat agar dapat memberikan hasil berupa roti yang berkualitas, baik dari segi penampakan, tekstur, aroma, hingga rasa. Selain itu, bahan baku yang digunakan harus memenuhi persyaratan halal agar dapat menjamin status kehalalan roti yang dihasilkan.
-         Tenaga kerja
Dalam pabrik roti ini seluruh tenaga kerja dalam memproduksi roti wajib memperhatikan kebersihannya, pabrik tersebut mewajibkan karyawannya dalam kegiatan produksi  harus menggunakan masker (penutup mulut) dan sarung tangan. Tujuannya agar roti yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik dan higienis untuk dikonsumsi.
-         Mesin
Dalam pabrik roti tersebut menggunakan mesin pembuat roti berupa :
§         Mixer : Mesin ini dapat digunakan untuk mengaduk bermacam adonan,
§         Mesin Prover : Mesin ini digunakan untuk pengembang roti .
§         Oven : Mesin ini dipergunakan untuk memanggang adonan yang sudah jadi agar menjadi roti.

Struktur organisasi perusahaan roti A :
 
1 Manajer : Merupakan. bagian tertinggi dalam organisasi perusahaan. Dalam perusahaan ini manajer bertugas sebagai penentu kebijakan penetapan harga dan juga upaya upaya lain untuk meningkatkan keberhasilan perusahaan serta perolehan laba.

2. Pemasaran : Bagian ini bertugas memasarkan dan menyalurkan produk jadi ke konsumen, baik dengan cara menggunakan mobil box, etalase, sepeda motor, menitipkan ke toko lain lain, dan mengantar pesanan ke konsumen secara langsung.

3. Hubungan masyarakat (public relation) :  Dibagian ini karyawan melakukan pekerjan seperti penerimaan dan pencatatan pesanan melalui telepon, fax, maupun secara langsung berhadapan dengan pemesan. Bagian ini juga bertugas menerima tamu yang ingin mengetahui dan mencoba produk serta memberikn informasi tentang harga, melakukan promosi juga pelayanan kepada mereka.

4. Pembukuan (Accounting) : Mencatat pengeluaran dan pemasukan perusahaan, membuat laporan keuangan, membuat dokumen dokumen, nota, serta mengecek berbagai penerimaan dan transfer.


Template by:

Free Blog Templates