Minggu, 03 Februari 2013

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
Pengertian tanggung jawab
tanggung jawab adalah keadaan wajib pada setiap manusia yang yang berarti sanggup memikul segala beban hidup yang akan dilaluinya. Manusia berani bertanggung jawabr karena dia tau baik dan buruk perbuatan itu. Tanggung jawab adalah perbuatan yang terpuji karna disetiap tanggung jawab manusia akan mendapatkan hak sebagaimana buah hasil dari tanggung jawabnya sebelum itu.

Macam-macam tanggung jawab
ada beberapa tanggung jawab yang harus selalu manusia lakukan dalam kehidupanya, tanpa adanya tanggung jawab manusia akan selalu hidup tidak menentu karna tidak ada yang harus dilakukanya dengan adanya tanggung jawab manusia akan lebih mengerti bagaimana pengorbanan yang dilakukan untuk melaksanakan tanggung jawab itu sendiri
berikut macam-macam tanggung jawab yang harus dilaksakan oleh manusia:
1.tanggung jawab terhadap diri sendiri
2.tanggung jawab terhadap keluarga
3.tanggung jawab terhadap masyarakat
4.tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara
5.tanggung jawab terhadap tuhan
Pengertian pengorbanan dan pengabdian
Pengabdian itu adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian terhadap negara dan bangsa yang juga menyolok antara lain dilakukan oleh pegawai negri yang bertugas menjaga mercu suar di pulau yang terpencil. Mereka bersama keluarganya hidup terpencil dari masyarakat ramai. Sementara itu setiap hari tiupan angin kencang dari laut tidak pernah berhenti, apalagi bila terjadi badai. Mereka bersunyi diri dalam pengabdian diri demi keselamatan kapal yang lalu lalang. Kesenangan yang dapat dirasakan oleh pegawai negri dikota tidak dapat dirasakan, mungkin sekali-sekali bila mereka memperoleh cuti.
sedangkan Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan.
Pengabdian lebih banyak menunjuk kepada perbuatan sedangkan, pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran, perasaan, tenaga, biaya, waktu. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.
Tanggung jawab manusia terhadap keluarga lingkungan dan dalam islam, dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia dan tanggung jawab sekearifan serta rasa tanggung jawab dalam mengelola lingkungan baik dampak negatiislam sendiri memberikan tanggung jawab yang begitu agung kepada keluarga manusia.
Tanggung Jawab Manusia Terhadap Keluarga Lingkungan Dan Dalam Islam - alhasil, tanggung jawab umat Islam dalam mengemban bermanis muka terhadap musuhmusuh Islam dan seluruh dari diri kita pribadi,keluarga terdekat kita,lingkungan dananak dalam islam, makalah hak dan tanggung jawab haruslah seimbang.
Kesimpulan:menurut saya, setiap manusia pasti memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab pun ada berbagai macam, ada yg tanggung jawab TUHAN dan ajaran agamanya , tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap orang lain dan lain sebagainya.
Akan tetapi, ada sebagian orang yang tidak mementingkan tanggung jawabnya masin-masing sehingga orang tersebut bisa juga di bilang orang yang tidak bertanggung jawab. Bila kita sudah dapat bertanggung jawab artinya kita sudah mampu untuk dewasa, berpikir logis dan positif. Kita harus bisa memanfaatkan kelebihan apa yang diberikan oleh, bersyukurlah atas kelebihan yang telah tuhan beri, maka kehidupan kita insya Allah akan di berkahi oleh ALLAH SWT.
  SUMBER : http://galangwpatria.blogspot.com/2012/01/manusia-dan-tanggung-jawab_05.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates